Selasa, 26 Juli 2016

Modal Minim Untuk Usaha Bakery


Tips memilih mesin roti


Harga oven roti- Profit yang menjanjikan dari usaha roti dan kue membuat bisnis satu ini sangat diminati oleh para pengusaha pemula, namun kendala utama dalam bisnis ini adalah harga alat-alatnya yang cukup mahal. Yang membuatnya mahal adalah karena mesin pembuat roti terdiri dari beberapa jenis mesin, seperti mixer, oven roti, proofer dan bread slicer. Bila Anda membeli salah satu alatnya secara terpisah pasti harganya jauh lebih mahal ketimbang Anda membelinya atal-alat tersebut secara bersamaan. Nah, untuk itu kali ini kami akan beri tips cara memilih  mesin roti dan kue yang sesuai untuk pengusaha bermodal minim.


1. Carilah distributor yang kualitas mesinnya terpercaya
Sebelum membeli alat-alat untuk keperluan usaha sebaiknya Anda cari dahulu informasi tentang distributor atau pabrikan mesin yang memiliki kualitas mesin yang bagus. Hal ini bertujuan agar kualitas mesin dapat terjamin kinerjanya selain itu pabrikan yang mementingkan kualitas mesin buatannya biasanya memikirkan kepuasan pembeli sehingga dipastikan Anda akan mendapatkan jaminan garansi jika mesin tiba-tiba terjadi kerusakan.
2. Cari info harga mesin
Hal ini penting untuk Anda jadikan referensi saat tawar menawar dengan sales mesin. Biasanya harga mesin yang dijual oleh para pendistributor atau pabrikan mesin tidak akan jauh berbeda dari harga yang Anda cari di Internet.
3. Pemilihan mesin sesuaikan budget dan kebutuhan usaha
Dalam hal pemilihan mesin sebaiknya sesuaikan dengan budget Anda sendiri. Namun jangan pakasakan membeli mesin yang sesuai dengan budget namun spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Bila budget tidak mencukupi Anda bisa mencari mesin roti lain yang lebih murah atau cara lainnya Anda bisa mencari mesin bekas.
4. Hindari pencarian mesin bekas
Pemilihan mesin bekas memang sah-sah saja bila mesin tersebut masih dalam kondisi yang bagus. Kami hanya menyarankan untuk tidak memaksakan diri mencari mesin yang sebelumnya sudah pernah dipakai, apa lagi jika pemakaiannya sudah cukup lama. Karena pada umumnya mesin yang sudah digunakan lebih dari 1 tahun pasti sudah sering diotak-atik oleh pengguna sebelumnya.
5. Ketahui spesifikasi mesin
Mencari informasi spesifikasi mesin berguna untuk anda jadikan pertimbangan apakah mesin tersebut sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Untuk mengetahuinya, Anda tidak perlu menanyakan langsung ke pabrikan atau distributornya, karena semua informasi mesin bisa dilihat melalui Internet atau dari katalog pada website resmi pabrikan atau distributor mesin.
6. Tanyakan fitur apa saja yang tersedia pada mesin
Setelah menentukan mesin dan merasa cocok, maka waktunya untuk melihat langsung mesin tersebut, pada tahap ini sebaiknya tanyakan fitur-fitur apa saja yang ada pada mesin. tanyakan apakah di pabrikan tersebut tersedia juga spare partnya, hal ini jaga-jaga jika suatu saat mesin rusak dan bagian mesin harus diganti. 
7. Pahami cara perawatannya
Tanyakan juga bagaimana cara perawatannya agar mesin dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
8. Jika budget lebih beli lebih dari 2 mesin
Jika Anda memiliki budget lebih, sebaiknya beli lebih dari 2 mesin. Kebanyakan pendistributor biasanya akan memberikan potongan harga bila ada coustemernya yang membeli lebih dari 2 mesin maka dari itu ini akan lebih murah ketimbang membeli mesin secara terpisah.
Tips tambahan dari kami, untuk keperluan usaha kue dan roti, mesin yang dapat dibeli terlebih dahulu adalah mixer, oven dan proofer. Untuk harganya sendiri ketiga mesin ini masih terbilang terjangkau. Harga mixer dibandrol kurang lebih 4-9 juta, harga oven roti kira-kira 10-20 juta dan proofer roti kurang lebih 7-10 juta. Jadi kurang lebih Anda mengeluarkan 30 juta untuk pembelian ketiga mesin tersebut.
-SUC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar