Senin, 25 Juli 2016

Kegunaan dan Keuntungan 3 Mesin Roti

Mesin roti

Mixer, oven roti listrik dan proofer roti dalah beberapa mesin baking yang harus dimiliki oleh para pengusaha kue dan roti. Apa saja kegunaan serta keuntungan yang didapat dengan menggunakan ketiga alat tersebut? oke kali ini kita akan bahas kegunaan dan keuntungannya ya. Kegunaan mixer pasti Anda sudah tahu, bahwa alat yang satu ini digunakan untuk mangaduk bahan-bahan roti sehingga mengasilkan adonan yang kalis dan sempurna. Keuntungannya menggunakan mixer adalah memudahkan pekerjaan mengaduk adonan dengan waktu yang singkat dan dengan kapasitas yang cukup banyak sehingga pengkerjaan roti dan kue lebih banyak dan cepat.


Alat kedua adalah oven roti, mungkin para ibu lebih mengetahui oven roti konvensional yang pembakarannya menggunakan gas. Namun kini sudah ada jenis oven roti listrik yang dapat menghemat pemakaian gas Anda. Untuk jenis oven otomatis terbagi menjadi beberapa jenis deck, ada yang 1 deck, 2 deck sampai 3 deck. Pilihan deck tersebut disesuaikan dengan kebutuhan baking perharinya. Tentunya bila Anda memilih oven roti dengan banyak deck hasil pembuatan roti dan kue akan lebih efesien. Jenis oven juga terbagi menjadi 2 jenis pilihan bahan bakar, ada yang menggunakan gas dan listrik. Apa perbedaan kegunaan kedua mesin tersebut?

Oven gas deck otomatis, sesuai dengan namanya oven ini masih menggunakan gas elpji sebagai bahan bakarnya. Pemakaian listrik hanya digunakan sebagai power control untuk proses pengaturan timer serta suhu pembakarannya. Sehingga akan menghemat pemakaian gas serta listrik. Yang kami tahu pemakaian listrik hanya dibutuhkan 100 watt. Sangat menguntungkan bagi pengusaha roti dan kue rumahan. Kedua adalah oven listrik deck otomatis yaitu oven roti yang menggunakan tenaga listrik untuk proses pembakaran dan daya listrik sebagai penggerak utama untuk mengatur heater pada oven. Untuk daya listrik yang dibutuhkan sekitar 400 watt jauh lebih banyak ketimbang oven gas otomatis. Namun keuntungannya dengan menggunakan oven satu ini lebih safety.

Selanjutnya adalah proofer roti, alat baking yang satu ini digunakan untuk mengembangkan adonan sebelum adonan dipanggang. Sama halnya dengan oven roti, proofer roti memiliki beberapa jenis berdasarkan kapasitas alat tersebut, yaitu dengan satu pintu yang berkapasitas 14 loyang dan proofer dua pintu dengan kapasitas 30 loyang. Selain untuk mengmbangkan adonan roti, proofer roti juga bisa dimanfaatkan untuk proses pembuatan yohurt sehingga Anda juga dapat  menjual yoghurt sekaligus bila memiliki mesin satu ini. 
Nah, dari ketiga pembahasan mesin di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pemakaian mesin-mesin tersebut akan sangat menguntungkan bagi usaha Anda jika pemilihannya tepat sesuai kebutuhan dan kapasitas usaha. Masalah harga memang perlu dipertimbangkan namun baiknya Anda piker lagi keuntungan-keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda memiliki mesin-mesin tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar