Rabu, 27 Juli 2016

Tips Membuat Roti Anti Gagal

Cara membuat roti

Harga mixer roti- Membuat roti yang sempurna memang susah-susah gampang, memang benar apa lagi jika kita baru pertama kali membuatnya. Melihat resepnya memang mudah sekali, tetapi setelah melakukan ada saja yang gagal, entah itu rotinya menjadi bantet, warnanya pucat, teksturnya tidak beraturan, bagian bawah roti keras, dan bahkan ada saja yang bagian tengahnya tidak matang. Sebenarnya hal-hal ini tidak akan terjadi jika kita mengetahui proses atau cara yang benar pada saat pembuatan roti. Untuk itu kami akan membagikan tips-tips membuat roti yang benar sehingga menghasilkan roti dengan tekstrur sempurna dan mengembang.

Timbang bahan sesuai resep
Jika Anda mencoba membuat roti dengan menggunakan resep yang Anda dapatkan dari internet atau krabat pastikan bahan-bahan tersebut benar dan timbang terlebih dahulu bahan-bahannya. Kebanyakn ibu-ibu membuat jenis makanan apapun saat memasukan bumbu atau bahan berdasarkan perkiraan atau menggunakan takaran yang tidak jelas, seperti gelas. Nah, yang ibu-ibu lakukan memang ada benarnya tapi jika ibu tahu dengan jelas takaran 1 gelas sebanding dengan berapa liter atau kilo.
Menyimpan sisa tepung
Taukah para ibu bahwa cara penyimpanan tepung juga mempengaruhi gagal tidaknya kue atau roti. untuk itu jika saat membuat roti atau kue tepung masih tersisa baiknya untuk menyimpan tempung tersebut kedalam toples atau tetap di dalam plastic terigu hanya saja pastikan bahwa plastic tertutup rapat sehingga udara tidak masuk ke dalam sisa terigu.
Pastikan ragi yang digunakan masih bagus
Ragi adalah salah satu bahan dasar yang cukup penting dalam membuat roti, maka dari itu pastikan bahwa ragi yang Anda gunakan masih dalam kondisi yang masih baik. Artinya perhatikan bahwa tepung ragi yang digunakan tidak kadaluarsa ataupun penyimpannya tidak benar.
Proses pengulenan harus benar
Ini yang cukup krusial dalam pembuatan roti, rata-rata roti gagal karena pada saat proses pengulenan tidak menggunakan kecepatan yang tepat. Jika sudah begitu hasil roti pasti akan bantet dan teksturnya lebih keras. Maka dari itu pada proses pengulenan harus menggunakan mixer agar kecepatan pengadukannya sesuai. Pemilihan dan Harga mixer roti pun beragam, Anda bisa memilih hand mixer untuk kebutuhan membuat roti di rumah atau menggunakan stand mixer untuk kebutuhan usaha bakery.
Pastikan bentuk adonan roti sebelum dipanggang
Sebelum adonan di masukan ke dalam oven sebaiknya perhatikan dahulu apakah bentuk adonan yang sudah susun di atas wadah sudah bagus atau tidak. Karena tidak jarang roti yang sudah selesai dipanggang bagian bawahnya malah terbuka.
Demikian tips untuk membuat roti dengan tekstur yang sepurna, semoga berguna untuk para ibu atau pengusaha pemula yang selalu gagal membuat roti. Perlu diingat bahwa pembuatan roti dengan bahan dan alat yang berkualitas juga akan mempengaruhi hasilnya, maka dari itu pilih yang tepat ya.
-SUC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar