Rabu, 02 November 2016

Roti Bagutte, Roti Unik Dengan Bentuk Yang ikonik



Mesin roti Baguette


Pernahkah anda mencoba yang namanya Roti Baguette?.

Ya roti baguette merupakan salah satu jenis roti yang berasa dari Austria namun popular di Perancis, Roti ini mempunyai ciri khas yang sangat unik yakni berwujud panjang dan pipih seperti tongkat cricket. Roti baguette sendiri sudah ada sejak abad ke 19, ada kisah unik yang mengiringi kenapa roti Baguette ini di buat dengan bentuk yang sangat ikonik.




Bentuk beguette mulai berubah pada bulan Oktober 1920. saat itu mincul undang-undang yang melarang penduduk Vienna membakar roti sebelum pukul 4 pagi. padahal, jika roti baru dibakar pada pukul 4 pagi, maka penduduk tidak akan bisa sarapan roti. pembat roti lalu mencari cara agar rotinya bisa lebih cepat matang. mereka lalu mengubah bentuk baguette menjadi panjang. dengan bentuk baru itu, baguette menjadi cepat matang.

Ada juga kisah lain Ketika Napoleon Bonaparte melawan Rusia, ia memerintahkan tentaranya untuk membaawa baju lebih banyak. akibatnya, tas mereka hampir penuh dengan pakaian dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk bekal. maka pembuat roti menyiapkan roti panjang seperti tongkat, yang bisa dimasukka ke dalam kantong celana tentara.

Nah dari situlah asal muasal roti Baguette tercipta, hingga kini roti Baguette sendiri telah di klaim sebagai makanan khas dari negara perancis, maka tak heran jika pemerintah perancis mengeluarkan aturan bahwa Roti Baguette hanya boleh di olah dari bahan dasar Gandum dan Rye asli perancis.

Pada Umumnya ukuran roti baguette bisa mencapai 1 meter, dengan lebar bervariasi antara 4-6 cm, untuk memproduksi roti tersebut tidak di butuhkan mesin roti khusus, namuan yang harus anda perhatikan adalah panggangan untuk mengolah adonan. Di karenakan bentuknya yang panjang seperti tongkat maka sangat di sarankan menggunakan tungku pembakar kayu atau oven tray dengan ukuran besar. Roti baguette terbuat dari campuran Gandum, Terigu, Air, Garam dan ragi..untuk toppingnya sendiri sangat bervariasi biasanya terdiri dari Irisan Keju, potongan keju dadu, daging asap atau daging ham.

Nah apakah anda tertarik untuk membuat roti Baguette sendiri di rumah? Mudah kok. Pada artikel selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara membuat roti baguette yang enak lengkap dengan Bahan dan cara pembuatannya.

1 komentar: