Rabu, 14 September 2016

Langkah Pembuatan Roti Yang Berkualitas

Langkah Pembuatan Roti Yang Berkualitas


Orang awam yang hanya penikmat roti pastinya ingin tau bagaimana cara membuat roti yang enak dan empuk, mengembang, untuk pengusaha roti membuat roti yang enak, lembut, mengembang dan empuk adalah suatu keharusan bila tidak maka pastinya akan kehilangan konsumennya, pembuatan roti yang enak dan empuk tentu membutuhkan mesin roti modern sebagai alat bantunya dan tehnik penanganan yang tepat, agar menghasilkan roti yang berkualitas berikut ada beberapa tips yang bisa anda ikuti dalam membuat roti yang berkualitas seperti di toko bakery:



  • Gunakan campuran resep tepung terigu berkadar protein tinggi dan terigu berkadar protein rendah dengan perbandingan 3:1. Fungsinya adalah untuk mengasilkan tekstur adonan roti yang tepat sehingga tidak bantat ataupun terlalu berongga
  • Penambahan margarin dan garam sebaiknya dilakukan saat adonan sudah tidak lengket di tangan, ini berguna agar tidak terlalu banyak minyak yang ditambahkan pada adonan sehingga menyebabkan roti bantat.
  • Saat membuat roti, campurkan mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1 untuk menghasilkan aroma dan rasa roti yang lebih variatif.
  • Pilih ragi atau instant yeast dalam kemasan siap pakai. Perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya, penggunaan ragi yang sudah tidak lagi baik akan menyebabkan roti tidak dapat mengembang.
  • Cara mengetes ragi: larutkan dulu ragi/instant yeast dalam air matang atau susu segar. Tunggu selama 2 – 3 menit. Jika ragi tidak bereaksi berarti telah mati dan tidak dapat digunakan. Ragi yang baik akan bereaksi dengan menimbulkan buih-buih kecil.
  • Proses pengadukan resep adonan bisa menggunakan mesin atau manual. Jika manual jangan terlalu keras membanting adonan. Karena akan membuat ragi mati dan adonan tidak mengembang. Apabila menggunakan mixer, cukup dengan kecepatan sedang.
  • Setelah resep adonan ditimbang, tutup dengan serbet basah agar kelembabannya terjaga.
  • Jangan memasak adonan roti yang belum selesai masa fermentasinya atau belum selesai di proofing karena akan membuat roti menjadi keras. Proofing roti pada suhu ruangan 40-50°C agar roti mengembang dengan baik.
  • Jangan terlalu lama membiarkan resep adonan yang telah mengembang, karena over proofing akan membuat roti menjadi asam.
  • Olesi permukaan roti dengan campuran resep susu cair, telur dan madu, agar teksturnya lembut dan warnanya bagus.
  • Panggang dalam oven 180 derajat celcius selama 15-20 menit untuk roti manis dan oven dalam 200-210 derajat selsius selama 20-35 menit untuk roti tawar. Untuk roti manis, setelah roti dikeluarkan dari oven, olesi dengan margarin cair, beri topping sesuai selera.
Demikian pembahasanya cara pembuatan roti yang berkualitas seoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam membuat roti yang berkualitas seperti roti di toko bakery.

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    Oxone

    BalasHapus