Senin, 08 Agustus 2016

Tips Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka


Cara membersihkan oven


Oven roti bekas- Oven roti merupakan alat yang penting untuk keperluan memasak kue maka dari itu cara perawatan yang benar lah yang akan membantu menjaga kualitas serta ketahanan oven lebih lama. Cara perawatannya sangat mudah dan alat-alat yang dibutuhkan bisa menggunakan bahan-bahan untuk memasak, misalnya cuka dan baking soda. Seperti yang kita tahu baking soda adalah salah satu bahan untuk membuat adonan kue dan cuka biasanya digunakan untuk makanan. Bagaimana cara memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk membersihkan oven?

Alat yang Anda butuhkan adalah:


Baking soda

Cuka

Air

Sarung tangan karet

Serbet atau kain lainya

Spatula karet

Botol spray

Caranya:

Keluarkan rack pada oven, lepas bagian yang ada di dalam oven seperti rack, thermometer oven, dan lainnya. Pindahkan ke wastafel atau baskom terlebih dahulu.
Buat campuran baking soda, gunakan baskom kecil untuk mencampurkan ½ gelas powder baking soda dengan 3 sendok makan air, aduk hingga baking soda tercampur dengan air dan berbentuk sedikit kental seperti bubur.
Olesi oven dengan campuran baking soda, oleskan campuran baking soda pada bagian dalam oven dan elemen pemanas oven dan gosok sampai bagian hitam didalam oven memudar. Gunakanlah sarung tangan karet agar tangan dan kuku jari Anda tidak kotor saat membersihkan kerak hitam yang ada di bagian dalam oven.
Diamkan semalam
Diamkan oven yang sudah digosok dengan baking soda selama 12 jam atau semalaman agar campuran baking soda bekerja.
Bersihkan rak yang sudah dikeluarkan
Sambil menunggu Anda bias bersihkan rak-rak yang sudah dilepaskan menggunakan sabun pencunci piring agar noda hitam dan sisa kue atau roti saat memanggang rontok dan hilang.
Lap oven yang sudah dilumuri baking soda
Setelah 12 jam, Anda bisa bersihkan bagian dalam oven dengan menggunakan kain lap. Gunakan sapatula untuk mengapai bagian-bagian yang susah dibersihkan.
Semprot dengan air cuka
Campurkan cuka dengan air secukupnya dan pindahkan ke dalam botol spray untuk membantu menyemprotkan air ke bagian dalam oven. Jangan heran ketika melihat busa-busa keluar saat Anda menyemprotkan air cuka tersebut karena ini efek baking soda yang terkena air cuka. Ini bertujuan untuk menghilangkan baking soda yang tersisa.
Lap kembali bagian dalam oven
Setelah itu lakukan langkah terakhir yaitu menlap bagian dalam oven. Ulangi jika ada bagian oven kembali berbusa ketika disemprotkan air cuka. Anda bisa menggunakan air bersih untuk membantu mengelap bagian-bagian yang masih kotor.
Letakan kembali rak ke dalam oven
Selesai melakukan pembersihan bagian dalam oven, letakan kembali rak dan bagian-bagian lainnya ke dalam oven. Pastikan bagian-bagian di dalam oven tersebut kering saat diletakan kembali ke dalam oven. Cara ini juga berguna untuk membersihkan oven roti bekas, agar roti kembali bersih dan kinclong, seperti baru  

-SUC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar