Jumat, 03 Juni 2016

Proofer : Mesin Roti Yang Wajib Di Miliki

Mesin Roti


Proofer, memang asing dan jarang terdengan bagi masyrakat awam..hal ini mahfum terjadi karena memang Proofer sendiri bukanlah Mesin Roti yang di prioritaskan untuk di miliki apabila anda mempunyai usaha roti dan kue. Mesin proofer bisa dibilang mempunyai fungsi vital dalam pembuatan roti, terlebih lagi bagi mereka yang mengerti bagaimana caranya membuat roti yang enak dengan bentuk yang menarik. Proofer atau pengembang adonan, bisa dibilang hanya dimiliki bagi mereka yang mempunyai jenis usaha sekelas restoran / toko roti, untuk usaha rumahan memang kurang di sarankan mengingat harganya cukup mahal dengan dimensi mesin yang cukup besar. Namun jika anda mengejar kualitas roti yang bagus dengan rasa yang enak, maka mesin ini sangat amat wajib di miliki.


Seperti kita tahu, ragi / teast sangat berperan penting terhadap kelangsungan bentuk adonan roti yang sempurna,tanpa peragian maka bisa di pastikan adonan roti / kue tak akan mengembang dengan bagus. Nah yang perlu di garis bawahi disini adalah metode kerja pada ragi, menurut riset Ragi akan bisa mengembang dengan baik apabila di tempatkan dalam suatu wadah dengan suhu 30-4 derajat celcius, tak hanya soal suhu namun yang lebih penting adalah tingkat kelembapan dalam wadah tersebut haruslah 70-80 %. Nah disinilah yang sering menjadi permasalahan, sebagian besar orang yang bisa membuat adonan roti lebih suka mengembangkan adonan mereka dalam wadah yang hanya di tutupi oleh selembar kain, padahal logikannya suhu yang di dapati tentu saja tak akan maksimal karena harus mengikuti suhu yang ada dalam ruangan tersebut, nah alhasil pengembangan adonan tidak akan sempurna bahkan cenderung gagal / bantat.

Mesin proofer sendiri didesain khusus untuk menghidupkan ragi agar menghasilkan karbondioksida yang terperangkap di dalam jaringan gluten dalam adonan roti. Dengan menggunakan tenaga listrik yang terbilang cukup besar 350-450 watt, maka kemampuan untuk memanaskan air di dalam heaternya pastinya sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan suhu dan kelembapan yang di inginkan. Cara pakainya pun mudah dengan menyambungkan kabel heater ke listrik, kemudian isi heater dengan air kemudian masukkan adonan ke dalam ruang proofer yang sudah mulai mengembun terlihat di kaca mesin proofer nya. Sederhana bukan?

Nah bagi anda yang memang ingin terjun kedalam bisnis Roti, pastry dan Kue maka sudah tentu harus memiliki mesin pengembang adonan yang satu ini. Terlebih lagi jika usaha anda sudah berskala besar dengan tingkat produksi per harinya yang tinggi, maka Mesin Roti Proofer wajib anda boyonng ke dapur anda.

Oke semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar