Kamis, 02 Juni 2016

Mengenal Paketan Mesin Roti, Apa Saja Paketnya?

Mesin Roti


Mesin Roti merupakan sekumpulan jenis mesin yang terdiri dari Mesin Mixer, Mesin Proofer, Oven roti, dan Bread Slicer. Mesin-mesin ini membentuk satu kesatuan dan sering di gunakan untuk proses pembuatan Roti, Pastry ataupun Kue. Ketiga mesin di atas  sering di gunakan oleh pebisnis rumahan, restoran hingga pabrikan, maka tak salah jika paket mesin roti merupakan paketan mesin makanan yang paling di cari saat ini. 




Dengan paketan mesin roti di atas, maka anda sudah bisa membuka bidang usaha pembuatan roti dan kue rumahan, anda bisa memulai dari proses yang paling awal yakni produksi, distribusi hingga penjualannnya secara langsung. Oke untuk mengenal lebih dekat dengan paketan mesin roti di atas, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.



  • Mixer Roti : Mixer yang di gunakan untuk mengolah adonan roti ini bisa dibilang bukan mixer biasa, mixer yang di gunakan haruslah mempunyai spesifikasi dan fungsi khusus. Mixer roti yang digunakan biasanya mempunyai spesifikasi kelas atas yang dimana terdapat pilihan untuk mengatur kecepatan mesin pada saat pengadukan dan mixing,kapasitas yang besar (skala UKM/Restoran), mempunyai banyak pilihan batang pengaduk sehingga adonan akan tercampur dengan rata dan sempurna pada saat akan di cetak.

  • Proofer : Mesin proofer merupakan salah satu mesin pelengkap untuk menyimpan adonan roti yang telah di cetak dan di bentuk. Tak sekedar tempat penyimpanan saja, proofer memang mempunyai fungsi utama sebagai alat pengembang adonan roti. Dengan proofer maka adonan roti anda akan mempunyai tekstur yang bagus, lembut, mengembang dengan rata, dan memperkecil efek bantat pada saat di Oven.
 
  • Oven Roti :  Untuk jenis oven juga menggunakan spesifikasi khusus, karena dalam proses pemangganngan adonan roti yang di cetak sangat di sarankan menggunakan oven dengan pembakaran yang konstan dan merata. Hal ini sejalan dengan fungsi Oven roti modern yang mempunyai kapasitas tray lebih besar dengan pilihan 1 deck hingga 4 deck. Oven roti sendiri di bagi kedalam beberapa jenis, ada yang menggunakan Gas dan Listrik sebagai sumber pengapiannya. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan (akan di bahas pada artikel selanjutnya)
 
  • Bread Slicer : mesin ini pada umumnya di gunakan untuk memotong cetakan roti tawar yang telah di oven, hasil potongan pada mesin ini cukup presisi dan rapih, dengan demikian roti tawar yang anda jual akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen.


Ke empat mesin di atas bisa dibilang merupakan satu kesatuan yang tak bisa di pisahkan, terlebih lagi jika anda ingin membuka usaha roti dan kue, sudah di pastikan ketiga mesin tersebut harus ada di dapur anda. Oke jika ingin lebih jelas mengenai detail dari tiap mesin roti di atas,akan saya coba bahas satu persatu di artikel selanjutnya.

Oke semoga berguna 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar